free website hit counter

Syarat Terbaru Perjalanan Masuk ke Malaysia

Syarat Terbaru Perjalanan Masuk ke Malaysia

Jika Anda berencana mengunjungi negeri Jiran, Malaysia, penting untuk mengetahui apa saja syarat berkunjung ke Malaysia tahun ini mengingat sejak Covid19 melanda, banyak perubahan terjadi.

Bila sebelumnya banyak negara membuat peraturan dengan penjagaan dan syarat masuk bagi wisatawan asing yang cukup ketat, berbeda dengan saat ini. Sejak program vaksinasi dijalankan, banyak negara yang mulai melonggarkan syarat perjalanan mereka, termasuk negara Malaysia.

Apa Saja Syarat Perjalanan Masuk Ke Malaysia Terbaru?

Nah, supaya kamu bisa melakukan perjalanan ke negara Malaysia dengan aman dan nyaman, pastikan mengikuti syarat-syarat berikut ini seperti yang dilansir dari My Safe Travel.

  • Bagi kamu yang sudah divaksinasi lengkap, kamu tidak perlu lagi menjalani tes COVID-19 sebelum keberangkatan dan saat tiba di Malaysia. Hal tersebut juga berlaku bagi anak-anak berusia 12 tahun ke bawah.
  • Namun, bagi kamu yang belum divaksinasi lengkap, kamu harus melakukan tes PCR 2 hari sebelum keberangkatan serta tes antigen dalam waktu 24 jam setelah tiba di Malaysia. Kamu juga wajib menjalani 5 hari karantina, kecuali bagi yang berusia 17 tahun ke bawah.
  • Kalau di Indonesia kita menggunakan aplikasi Peduli Lindungi, Malaysia menggunakan MySejahtera. Kamu wajib mengaktifkan aplikasi pelacak kontak ini. Aplikasi MySejahtera digunakan untuk melihat hasil tes COVID-19 dan penilaian kesehatan.
  • Kamu juga wajib mengisi Pre-Departure Form (Travelers card) dan lakukan verifikasi sertifikat vaksin di aplikasi MySejahtera yang telah kamu unduh sebelumnya.

Itu dia beberapa syarat yang harus kamu penuhi kalau mau berkunjugn ke Malaysia. Ada beberapa syarat yang sudah dihilangkan. Misalnya, dulu kamu harus membeli asuransi perjalanan COVID-19, tetapi sekarang sudah tidak perlu.

Beberapa Ketentuan yang Harus Kamu Ketahui

Negara Malaysia sudah tidak mewajibkan memakai masker di luar ruangan. Namun, kamu tetap wajib menggunakan masker di dalam ruangan, seperti mall, kantor, transportasi umum, dan lainnya.

Meski demikian, dianjurkan untuk tetap menggunakan masker di tempat yang ramai atau ditempat yang rawan terpapar COVID-19. Lebih baik mencegah, daripada mengobati, bukan?

Negara Malaysia juga sudah meniadakan jarak fisik dan orang-orang pun sudah bisa berjabat tangan dengan bebas. Namun, kamu tetap dihimbau untuk menjaga kebersihan tangan yang baik, ya.

Sementara itu, kalau ternyata kamu positif COVID-19, maka kamu wajib dikarantina selama 7 hari. Namun, kalau tes antigen yang dilakukan pada hari ke-4 kamu sudah negatif, kamu bisa dibebaskan lebih awal.

Untuk berkunjung ke Malaysia sudah tidak sesulit dulu, bukan?

Meskipun peraturannya sudah dilonggarkan, tak ada salahnya kalau kita tetap saling menjaga satu sama lain dengan membawa alat kebersihan, seperti masker, tisu, hand sanitizer, dan lainnya.

Selain itu, untuk berpergian kamu pasti membutuhkan koper, ransel kecil, adaptor, dan perlengkapan lainnya.

Selain peralatan untuk jalan-jalan, kamu juga bisa menemukan beragam perabot rumah tangga lain dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Selma, Informa, dan masih banyak lagi di Meteorika.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *